Selasa, 08 November 2011

DESA PATUANAN

Desa Patuanan merupakan desa tempat tinggal saya yang berada di kecamatan Leuwimunding.
di sebelah timur desa patuanan berbatasan dengan desa tanjungsari, sebelah barat dengan desa sindang haji, sebelah utara dengan desa karangasem dan sebelah selatan dengan desa nanggerang.
desa patuanan merupakan desa satu satunya di kecamatan leuwimunding yang menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa sehari hari. hal ini merupakan salah satu kebanggan bagi warga desa patuanan karena dapat berbicara bahasa jawa dengan fasih di tengah tengah desa lain yang menggunakan bahasa sunda walaupun sebebarnya warga desa patuanan juga dapat berbicara bahasa sunda.
di desa patuanan terdapat kerajinan berupa anyaman yaitu anyaman aseupan. hampir seluruh warga desa patuanan bisa menganyam aseupan tetapi yang membudayakan aseupan kini sudah mulai berkurang.
warga desa patuanan mayoritas bermata pencaharian sebagai petani, disusul dengan pedagang, pegawai negeri, buruh dan lain lain.
terdapat suatu adat istiadeat yang masih di percayai oleh warga desa patuanan yaitu ketika mereka akan menyelenggarakan hajatan seperti hajat pernikahan ataupun sunatan mereka tidak diperbolehkan untuk menggunakan hiburan berupa wayang golek.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar